Sabtu, 04 Februari 2012

Diskusi Kelompok Bahasa


LAPORAN
HASIL DISKUSI

1.  Topik                             : PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PELAJAR
3.  Petugas/ Pelaksana        :
a.    Penyaji              : Ilham Dwi Hatmawan
b.    Moderator          : Maybella Ayu dayama
c.    Notulis               : Nanda Lutfia Azaria
4.  Kesimpulan                             :
Lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan pelajar dari segi fisik maupun non-fisik. Pelajar dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya akan  menemui masalah yang timbul dalam dirinya dan sebagian besar timbul dari keluarga, masyarakat, sekolah dan temannya. Lingkungan sebagai tempat berkembang yang baik harus memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif sehingga para pelajar berkembang sesuai dengan usia mereka. Motivasi dan arahan yang positif di sini pasti sangat diperlukan untuk mereka yang sedang mencari jati diri mereka.
Sebaiknya lingkungan yang mengambil peran penting dalam pembentukan pribadi seseorang harus menjadi lingkungan yang lebih kondusif yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para individu yang tinggal di sekitarnya sehingga dapat terwujudnya individu dan pelajar-pelajar yang tidak hanya cerdas tetapi berbudi pekerti luhur dan dapat bersosialisai baik dengan masyarakat.
5.  Sesi Tanya Jawab           :
a.    Penanya         : Igrit Anggraeni
Pertanyaan     : Lingkungan pelajar itu apa saja? Apa Contohnya?
Jawaban         : seluruh aspek yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan  belajar atau sekolah, teman, masyarakat dan dari dalam diri  mereka sendiri serta di dalamnya terjadi sosialisasi. Pasti di  dalamnya masalah-masalah dan mereka alami. 
b.    Penanya         : Griselda Fidela
Pertanyaan     : Bagaimana cara agar pelajar merasa nyaman dan aman?
Jawaban         : Mereka harus mendapatkan dukungan dan motivasi dari sekelilingnya baik dari keluarga, teman maupun lingkungannya. Serta mewujudkan llingkungan berkembang yang lebih kondusif sehingga para pelajar dapat meraih prestasi mereka sesuai apa yang diinginkan.
c.    Penanya         : Nina Prastiningrum
Pertanyaan     : Dari sisi keluarga, masyarakat, sekolah, teman dan dari diri mereka sendiri, manakah hal yang lebih berpengaruh?
Jawaban         : Tentu saja semua penting, tetapi faktor dari dalam diri mereka sendiri jauh lebih penting. Karena mereka yang meraskan dan mengetahui apa yang sedang ia hadapi dan apa yang harus ia lakukan. Akan tetapi, dukungan dari lingkungannya, lebih utama lagi keluarga yang menjadi ruang terdekatnya sangat diperlukan untuk memberikan motivasi kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar